Climate Science Glossary

Term Lookup

Enter a term in the search box to find its definition.

Settings

Use the controls in the far right panel to increase or decrease the number of terms automatically displayed (or to completely turn that feature off).

Term Lookup

Settings


All IPCC definitions taken from Climate Change 2007: The Physical Science Basis. Working Group I Contribution to the Fourth Assessment Report of the Intergovernmental Panel on Climate Change, Annex I, Glossary, pp. 941-954. Cambridge University Press.

Home Arguments Software Resources Comments The Consensus Project Translations About Donate

Twitter Facebook YouTube Pinterest

RSS Posts RSS Comments Email Subscribe


Climate's changed before
It's the sun
It's not bad
There is no consensus
It's cooling
Models are unreliable
Temp record is unreliable
Animals and plants can adapt
It hasn't warmed since 1998
Antarctica is gaining ice
View All Arguments...



Username
Password
Keep me logged in
New? Register here
Forgot your password?

Latest Posts

Archives

Climate Hustle

Apakah pendinginan laut membuktikan bahwa pemanasan global telah berakhir?

apa yang ilmu pengetahuan katakan...

Pengukuran laut terbaru menunjukkan pemanasan yang konsisten.

argumen skeptis...

Lautan mengalami pendinginan 
"Sentuhan panas samudra pada inti dari hipotesis AGW: Ketika semua dikatakan dan dilakukan, jika sistem iklim tidak mengumpulkan panas, hipotesis tersebut tidak valid.

[...] Sekarang akumulasi panas telah berhenti (dan bahkan mungkin terbalik), tabel telah berubah. Kriteria yang sama digunakan untuk mendukung hipotesis mereka, dan sekarang sedang digunakan untuk memalsukan itu. "( William DiPuccio )

Pada tahun 2008, skeptis perubahan iklim Roger Pielke Sr mengatakan ini: "Pemanasan global, seperti yang didiagnosis pada kandungan panas laut bagian atas belum terjadi sejak tahun 2004". Ini adalah contoh yang bagus dari berputarnya para penyangkal, membuat beberapa lompatan yang luar biasa:

  • bahwa salah satu gejala yang menunjukkan keadaan seluruh malaise (misalnya tidak menjadi sesak napas satu hari berarti kanker paru-paru Anda sembuh).
  • bahwa seseorang dapat mengklaim signifikansi tentang jangka waktu empat tahun ketika itu terlalu pendek untuk menarik segala jenis kesimpulan
  • bahwa pemanasan global belum terjadi atas dasar suhu laut saja

Begitu banyak sensasi. Apa yang ilmu pengetahuan katakan tentang suhu lautan - yang, setelah semua, merupakan sekitar 70% dari permukaan bumi? Lautan menyimpan sekitar 80% dari seluruh energi di iklim bumi, sehingga suhu laut merupakan indikator kunci untuk pemanasan global.

Tidak ada garis lurus

Pernyataan  bahwa laut telah mengalami pendinginan adalah benar. Pernyataan bahwa pemanasan global telah berhenti adalah salah. Ini adalah posisi yang tidak logis: iklim adalah subjek pada banyak variabilitas alam, sehingga alasan bahwa perubahan harus 'monoton' - suhu meningkat dalam garis lurus - mengabaikan fakta bahwa alam tidak bekerja seperti itu. Inilah sebabnya mengapa para ilmuwan biasanya membahas tren - 30 tahun atau lebih - sehingga fluktuasi jangka pendek dapat dilihat sebagai bagian dari pola yang lebih besar. (Fenomena siklus lainnya yang terkenal seperti El Nino dan La Nina memainkan bagian dalam interaksi yang kompleks).

Melihat tren panas laut, ini adalah apa yang kita temukan:

Sumber: Levitus 2009

Namun demikian, perselisihan tentang akurasi Argo pelampung dan alat ukur dibuang jatuh ke dalam laut, dan pelaporan tentang suhu, hanya turun ke 700 meter. Bagaimana ilmuwan mengatasi sengketa semacam ini - mengingat bahwa perselisihan tersebut adalah hal yang sarat dengan ilmu pengetahuan, esensi dari kebenaran skeptisisme ? Salah satu cara adalah dengan mencari sumber data yang lebih banyak - cara mengukur fenomena dalam sengketa. Dengan menggunakan hasil dari tujuh tim ilmuwan yang berbeda, dan semua menggunakan alat dan metode yang berbeda, kita dapat melihat tren yang jelas. Dan sementara ada variasi antara hasil tim karena perbedaan dalam teknik dan metode pengukuran, satu hal yang mereka semua sepakat adalah tentang: jangka panjang, suhu akan naik.

Sumber: Lyman 2010  

Reaksi lautan untuk perubahan iklim adalah beberapa dari yang paling mendalam di seluruh lingkungan, termasuk terganggunya rantai makanan laut melalui perubahan kimia yang disebabkan oleh CO2, kemampuan laut untuk menyerap CO2 menjadi terbatas karena peningkatan suhu, (dan potensi untuk mengusir CO2 dengan diasingkannya kembali ke atmosfer sebagaimana air semakin panas), kenaikan permukaan laut karena ekspansi termal, dan jumlah uap air di atmosfer.

Meskipun ada banyak hal yang kita tidak tahu tentang bagaimana perilaku lautan, namun kita tahu bahwa itu aman untuk membahas semua aspek perubahan iklim dengan menggunakan beberapa set data, bukan hanya satu, seperti yang Pielke Sr lakukan. Jika panas laut adalah panduan, maka pemanasan global masih di jalur yang menyebabkan gangguan besar jika kita tidak mengubah tindakan kita untuk mengurangi pelepasan CO2 antropogenik.

Pernyataan bahwa pemanasan global tidak terjadi atas dasar suhu laut jangka pendek tidak didukung oleh bukti.

 

Dasar sanggahan ditulis oleh GPWayne

 

Translation by herendraswari, . View original English version.



Get It Here or via iBooks.


The Consensus Project Website

TEXTBOOK

THE ESCALATOR

(free to republish)

THE DEBUNKING HANDBOOK

BOOK NOW AVAILABLE

The Scientific Guide to
Global Warming Skepticism

Smartphone Apps

iPhone
Android
Nokia

© Copyright 2017 John Cook
Home | Links | Translations | About Us | Contact Us