Climate Science Glossary

Term Lookup

Enter a term in the search box to find its definition.

Settings

Use the controls in the far right panel to increase or decrease the number of terms automatically displayed (or to completely turn that feature off).

Term Lookup

Settings


All IPCC definitions taken from Climate Change 2007: The Physical Science Basis. Working Group I Contribution to the Fourth Assessment Report of the Intergovernmental Panel on Climate Change, Annex I, Glossary, pp. 941-954. Cambridge University Press.

Home Arguments Software Resources Comments The Consensus Project Translations About Donate

Twitter Facebook YouTube Pinterest

RSS Posts RSS Comments Email Subscribe


Climate's changed before
It's the sun
It's not bad
There is no consensus
It's cooling
Models are unreliable
Temp record is unreliable
Animals and plants can adapt
It hasn't warmed since 1998
Antarctica is gaining ice
View All Arguments...



Username
Password
Keep me logged in
New? Register here
Forgot your password?

Latest Posts

Archives

Climate Hustle

Apakah CO2 merupakan polutan?

apa yang ilmu pengetahuan katakan...

Walaupun ada cara langsung dimana CO2 merupakan polutan (pengasaman laut), dampak utamanya adalah efek pemanasan rumah kaca. Walaupun efek rumah kaca adalah kejadian alami, terlalu banyak pemanasan memiliki dampak negatif yang parah pada pertanian, kesehatan dan lingkungan.

argumen skeptis...

CO2 bukan merupakan polutan 
"Untuk tiba-tiba label CO2 dikatakan sebagai "pencemar" adalah merugikan, sebagai gas yang telah memainkan peran yang sangat besar dalam perkembangan dan keberlanjutan semua kehidupan di Bumi yang indah ini. Bumi pertiwi telah jelas memutuskan bahwa CO2 bukanlah polutan. " ( Robert Balling , seperti dikutip populer Technology)

Kami sering memikirkan polutan sebagai kontaminan yang membuat lingkungan kotor atau tidak murni. Sebuah contoh nyata adalah sulfur dioksida, produk sampingan dari kegiatan industri. Tingginya kadar sulfur dioksida menyebabkan masalah pernapasan. Terlalu banyak akan menyebabkan hujan asam. Sulfur dioksida memiliki efek langsung pada kesehatan dan lingkungan. Karbon dioksida, di sisi lain, adalah gas alami yang ada di atmosfer jauh sebelum manusia. Tanaman membutuhkannya untuk bertahan hidup. Efek rumah kaca CO2 terus menjaga iklim kita dari pembekuan yang berlebihan. Bagaimana CO2 dianggap polutan?

Sebuah definisi yang lebih luas dari polutan adalah zat yang menyebabkan ketidakstabilan atau ketidaknyamanan dalam ekosistem. Selama 10.000 tahun terakhir, tingkat atmosferik karbon dioksida di atmosfer tetap pada tingkat yang relatif stabil. Namun, emisi CO2 manusia selama beberapa abad terakhir telah mengganggu keseimbangan ini. Peningkatan CO2 memiliki beberapa efek langsung pada lingkungan. Misalnya, seperti lautan menyerap CO2 dari atmosfer, itu mengarah ke pengasaman yang banyak mempengaruhi ekosistem laut. Namun, dampak utama dari kenaikan CO2 adalah suhu yang lebih hangat.


Gambar 1: tingkat CO2 (bagian per juta) selama 10.000 tahun terakhir. Garis biru adalah inti es dari Taylor Dome  ( NOAA ). garis hijau adalah inti es dari UU Dome ( CDIAC ). Garis merah dari pengukuran langsung di Mauna Loa, Hawaii ( NOAA ).

 

Naiknya tingkat CO2 menyebabkan peningkatan efek rumah kaca . Hal ini menyebabkan suhu yang lebih hangat yang memiliki banyak konsekuensi. Beberapa efek yang bermanfaat adalah seperti peningkatan pertanian di lintang yang tinggi dan peningkatan pertumbuhan vegetasi dalam beberapa keadaan. Bagaimanapun juganegatifnya jauh lebih besar daripada positifnya. Masyarakat pesisir terancam oleh naiknya permukaan air laut. Pencairan gletser mengancam  pasokan air untuk ratusan juta jiwa . Spesies menjadi punah pada tingkat tercepat dalam sejarah .

Bagaimana kita memilih untuk mendefinisikan kata 'polutan' adalah sebuah drama yang semantik. Untuk fokus pada beberapa efek positif dari karbon dioksida adalah dengan mengabaikan gambaran yang lebih luas dari keseluruhan dampaknya. Hasil bersih dari peningkatan CO2 adalah dampak negatif yang parah pada lingkungan kita dan kondisi hidup manusia di masa depan.

 

Translation by herendraswari, . View original English version.



Get It Here or via iBooks.


The Consensus Project Website

TEXTBOOK

THE ESCALATOR

(free to republish)

THE DEBUNKING HANDBOOK

BOOK NOW AVAILABLE

The Scientific Guide to
Global Warming Skepticism

Smartphone Apps

iPhone
Android
Nokia

© Copyright 2017 John Cook
Home | Links | Translations | About Us | Contact Us