Climate Science Glossary

Term Lookup

Enter a term in the search box to find its definition.

Settings

Use the controls in the far right panel to increase or decrease the number of terms automatically displayed (or to completely turn that feature off).

Term Lookup

Settings


All IPCC definitions taken from Climate Change 2007: The Physical Science Basis. Working Group I Contribution to the Fourth Assessment Report of the Intergovernmental Panel on Climate Change, Annex I, Glossary, pp. 941-954. Cambridge University Press.

Home Arguments Software Resources Comments The Consensus Project Translations About Donate

Twitter Facebook YouTube Pinterest

RSS Posts RSS Comments Email Subscribe


Climate's changed before
It's the sun
It's not bad
There is no consensus
It's cooling
Models are unreliable
Temp record is unreliable
Animals and plants can adapt
It hasn't warmed since 1998
Antarctica is gaining ice
View All Arguments...



Username
Password
Keep me logged in
New? Register here
Forgot your password?

Latest Posts

Archives

Climate Hustle

Apa yang telah dilakukan oleh pemanasan global sejak tahun 1998?  

apa yang ilmu pengetahuan katakan...

Untuk catatan global, 2010 adalah tahun terpanas dalam catatan, begitu juga dengan tahun 2005.

argumen skeptis...

Ini tidak menghangat sejak tahun 1998 
Untuk tahun 1998-2005, suhu tidak meningkat. Periode ini bertepatan dengan terus meningkatnya masyarakat membuang lebih banyak CO2 ke atmosfer. Bob Carter )

Tidak, belum mengalami pendinginan sejak tahun 1998. Bahkan jika kita mengabaikan tren jangka panjang dan hanya melihat si pemecah rekor, itu bukan tahun terpanas yang pernah terjadi. Laporan yang berbeda menunjukkan bahwa, secara keseluruhan, tahun 2005 lebih panas daripada tahun 1998. Terlebih lagi, secara global, periode 12 bulanan terpanas yang pernah tercatat adalah dari Juni 2009 sampai Mei 2010.

Meskipun manusia menyukai si pemecah rekor, mereka tidak sendiri, ceritakanlah yang banyak tentang tren - tren dan itulah yang merupakan masalah ketika memantau Perubahan Iklim. Tren hanya muncul dengan melihat semua data, secara global, dan dengan mempertimbangkan variabel lain - seperti efek dari El Nino laut saat ini atau aktivitas bintik matahari - bukan hanya dengan cherry-picking satu hal.

Ada juga kecenderungan bagi sebagian orang hanya untuk berkonsentrasi pada permukaan suhu udara, pun ketika ada yang lain, yang lebih berguna, yaitu indikator yang dapat memberikan ide yang lebih baik tentang seberapa cepatnya dunia sedang memanas. Samudra, misalnya - karena luasnya dan kemampuannya menyimpan panas, (disebut 'massa termal') - cenderung memberikan indikasi yang lebih 'stabil' dari pemanasan yang terjadi. Catatan menunjukkan bahwa bumi telah memanas pada tingkat yang stabil sebelumnya dan sejak tahun 1998 tidak ada tanda-tanda semakin lambat dalam waktu dekat (Gambar 1). Lebih dari 90% dari panas pemanasan global masuk ke pemanasan lautan , sementara kurang dari 3 % masuk ke peningkatan suhu udara permukaan.

 

Gambar 1

Gambar 1: Tanah, atmosfer, dan pemanasan es (merah), 0-700 meter kandungan panas laut (OHC) mengalami kenaikan (biru muda), 700-2,000 meter kenaikan OHC (biru tua). Dari Nuccitelli et al. (2012) .

Bahkan jika kita fokus secara eksklusif pada suhu permukaan global, Cowtan & Way (2013) menunjukkan bahwa ketika kita menjelaskan suhu di seluruh dunia (termasuk Arktik, yang merupakan bagian dari planet yang mengalami pemanasan tercepat), permukaan tren pemanasan global dari tahun 1997 -2012 kurang lebih adalah 0,11-0,12 ° C per dekade.

 

 

 

 

 

Translation by herendraswari, . View original English version.



The Consensus Project Website

THE ESCALATOR

(free to republish)

Smartphone Apps

iPhone
Android
Nokia

© Copyright 2017 John Cook
Home | Links | Translations | About Us | Contact Us