Climate Science Glossary

Term Lookup

Enter a term in the search box to find its definition.

Settings

Use the controls in the far right panel to increase or decrease the number of terms automatically displayed (or to completely turn that feature off).

Term Lookup

Settings


All IPCC definitions taken from Climate Change 2007: The Physical Science Basis. Working Group I Contribution to the Fourth Assessment Report of the Intergovernmental Panel on Climate Change, Annex I, Glossary, pp. 941-954. Cambridge University Press.

Home Arguments Software Resources Comments The Consensus Project Translations About Donate

Twitter Facebook YouTube Pinterest

RSS Posts RSS Comments Email Subscribe


Climate's changed before
It's the sun
It's not bad
There is no consensus
It's cooling
Models are unreliable
Temp record is unreliable
Animals and plants can adapt
It hasn't warmed since 1998
Antarctica is gaining ice
View All Arguments...



Username
Password
Keep me logged in
New? Register here
Forgot your password?

Latest Posts

Archives

Climate Hustle

Penjelasan bagaimana uap air bekerja pada efek rumah kaca.

apa yang ilmu pengetahuan katakan...

Peningkatan CO2 membuat uap air semakin berlebih, yaitu gas rumah kaca yang menguatkan pemanasan

argumen skeptis...

Uap air adalah gas rumah kaca yang paling kuat
"Uap air adalah gas rumah kaca yang paling penting. Ini adalah bagian dari kesulitan dimana publik dan media dengan pemahamannya bahwa 95% dari gas rumah kaca adalah uap air. Masyarakat memahaminya, jika Anda mendapatkan malam yang semakin larut atau malam pada musim semi ketika langit bersih, maka panas akan meloloskan diri dan suhu akan turun sehingga Anda mendapatkan suhu yang dingin. Jika ada awan, panas yang terperangkap oleh uap air sebagai gas rumah kaca, maka suhu akan tetap hangat. Jika Anda pergi ke bagian Salah di Algeria Selatan, mereka merekam pada satu titik di siang hari atau tengah hari, yaitu 52 derajat Celsius - dan di tengah malam adalah -3,6 derajat Celcius. [...] Hal itu disebabkan karena tidak ada, atau sangat sedikit, uap air di atmosfer, dan itu adalah demonstrasi uap air sebagai gas rumah kaca yang paling penting. "( Tim Ball )

Ketika para skeptis menggunakan argumen ini, mereka mencoba untuk menyiratkan bahwa peningkatan CO2 bukanlah merupakan masalah besar. Jika CO2 tidak sekuat uap air, dimana sudah terdapat banyak, dengan menambahkan sedikit CO2 tidak menjadi seburuk itu, kan? Apakah argumen ini meleset adalah kenyataan bahwa uap air menciptakan apa yang para ilmuwan sebut sebagai 'lingkaran umpan balik positif ' dalam atmosfer - membuat perubahan suhu yang lebih besar dari yang akan terjadi sebaliknya.

Bagaimana cara kerjanya? Jumlah uap air yang ada di atmosfer berhubungan langsung dengan suhu. Jika Anda meningkatkan suhu, maka akan ada lebih banyak air yang menguap dan menjadi uap, dan sebaliknya. Jadi, ketika sesuatu yang lain menyebabkan kenaikan suhu (seperti tambahan CO2 dari bahan bakar fosil), maka akan ada lebih banyak air yang menguap. Kemudian, karena uap air merupakan gas rumah kaca, uap air tambahan ini menyebabkan suhu akan naik lebih jauh-umpan balik positif.

Berapa banyak uap air yang memperkuat pemanasan CO2? Studi menunjukkan bahwa umpan balik uap air kira-kira dua kali lipat dari jumlah pemanasan yang disebabkan oleh CO2. Jadi, jika ada perubahan 1 ° C disebabkan oleh CO2, uap air akan menyebabkan suhu naik lagi 1 ° C. Ketika lingkaran umpan balik lain disertakan, jumlah pemanasan dari potensial 1 ° C berubah karena disebabkan oleh CO2, dimana pada kenyataannya, menjadi sebanyak 3 ° C .

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah bahwa air menguap dari tanah dan laut, jatuh sebagai hujan atau salju sepanjang waktu. Dengan demikian jumlah yang tertahan di atmosfer sebagai uap air bervariasi dalam beberapa jam dan beberapa hari akibat cuaca yang berlaku di setiap lokasi. Jadi meskipun uap air adalah yang terbesar dalam gas rumah kaca, namun relatif singkat. Di sisi lain, CO2 yang dikeluarkan dari udara oleh proses geologi skala alami, membutuhkan waktu yang lama untuk bekerja. Akibatnya CO2 tetap berada di atmosfer selama bertahun-tahun dan bahkan berabad-abad. Sejumlah tambahan kecil saja akan memiliki efek jangka panjang yang lebih banyak lagi.

Jadi para skeptis adalah benar ketika mengatakan bahwa uap air adalah gas rumah kaca yang dominan. Apa yang mereka tidak sebutkan adalah bahwa umpan balik lingkaran uap air benar-benar membuat perubahan suhu yang disebabkan oleh CO2 menjadi lebih besar.

 

Translation by herendraswari, . View original English version.



The Consensus Project Website

THE ESCALATOR

(free to republish)

Smartphone Apps

iPhone
Android
Nokia

© Copyright 2017 John Cook
Home | Links | Translations | About Us | Contact Us