Climate Science Glossary

Term Lookup

Enter a term in the search box to find its definition.

Settings

Use the controls in the far right panel to increase or decrease the number of terms automatically displayed (or to completely turn that feature off).

Term Lookup

Settings


All IPCC definitions taken from Climate Change 2007: The Physical Science Basis. Working Group I Contribution to the Fourth Assessment Report of the Intergovernmental Panel on Climate Change, Annex I, Glossary, pp. 941-954. Cambridge University Press.

Home Arguments Software Resources Comments The Consensus Project Translations About Donate

Twitter Facebook YouTube Pinterest

RSS Posts RSS Comments Email Subscribe


Climate's changed before
It's the sun
It's not bad
There is no consensus
It's cooling
Models are unreliable
Temp record is unreliable
Animals and plants can adapt
It hasn't warmed since 1998
Antarctica is gaining ice
View All Arguments...



Username
Password
New? Register here
Forgot your password?

Latest Posts

Archives

Apa yang lebih murah, mitigasi atau adaptasi?

apa yang ilmu pengetahuan katakan...

Sementara mencegah pemanasan global relatif murah, ekonom bahkan tidak bisa secara akurat memperkirakan biaya percepatan kerusakan iklim jika kita terus dengan bisnis-seperti-biasa.

argumen skeptis...

Beradaptasi terhadap pemanasan global lebih murah daripada mencegah

"Jika kita tidak melakukan apa-apa, kerusakan yang disebabkan oleh perubahan iklim akan biaya kurang dari 2 persen dari PDB pada sekitar 2070. Namun biaya melakukan sesuatu yang kemungkinan akan lebih tinggi dari 6 persen dari PDB" ( Bjorn Lomborg )

Beberapa di media telah salah menyatakan bahwa laporan IPCC menyimpulkan lebih murah untuk beradaptasi daripada menghindari perubahan iklim. Kesalahan ini berasal dari fakta bahwa laporan kedua mengatakan tentang biaya kerusakan iklim,

"Perkiraan yang tidak lengkap dari kerugian ekonomi global tahunan untuk peningkatan suhu tambahan ~ 2 ° C adalah antara 0,2 dan 2,0% dari pendapatan ... Kerugian lebih mungkin daripada tidak menjadi lebih besar, daripada yang lebih kecil, dari kisaran ini ... Kerugian mempercepat dengan pemanasan yang lebih besar, tetapi hanya sedikit perkiraan kuantitatif telah selesai untuk pemanasan tambahan sekitar 3 ° C atau di atas. "

Laporan ketiga kemudian berkata tentang biaya menghindari pemanasan global,

"Skenarios mitigasi yang mencapai konsentrasi atmosfer dari sekitar 450ppm CO2 eq pada tahun 2100 membawa kerugian dalam konsumsi global-tidak termasuk keuntungan dari mengurangi perubahan iklim serta manfaat tambahan dan merugikan efek samping mitigasi ... [yang] sesuai dengan pengurangan tahunan pertumbuhan konsumsi sebesar 0,04-0,14 (median: 0,06). persen selama abad relatif terhadap pertumbuhan konsumsi tahunan pada dasar yang ada di antara 1,6% dan 3% per tahun "

Tantangannya adalah bahwa kedua angka tersebut tidak secara langsung sebanding. Satu berhubungan dengan kerugian ekonomi global tahunan, sementara yang lain dinyatakan sebagai sedikit melambat pertumbuhan konsumsi global. Sementara angka-angka ini dapat dimasukkan ke dalam hal dampak bersih terhadap pertumbuhan ekonomi, masalah berikutnya adalah bahwa yang pertama bukan merupakan perkiraan yang tepat dari biaya kerusakan iklim. IPCC hanya mampu memperkirakan biaya kerusakan iklim dari sekitar pemanasan 2°C, tapi membatasi pemanasan global sekitar 2° C akan membutuhkan upaya mitigasi yang substansial.

Dengan demikian perkiraan ini hanya memberitahu kita biaya pemanasan global dalam sebuah skenario di mana kami juga bertindak untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. Sesuai catatan laporan kedua, ekonom bahkan tidak bisa secara akurat memperkirakan biaya kerusakan iklim dalam skenario bisnis yang biasa dengan pemanasan global jauh di atas 3° C. Jadi bagaimana kita menentukan jalur optimal secara ekonomi?

Memilah Bilangan dengan Chris Hope

Untuk menjawab pertanyaan ini, saya berbicara dengan ekonom iklim Cambridge Chris Hope, yang mengatakan kepada saya bahwa jika tujuannya adalah untuk mengetahui jumlah optimal secara ekonomi dari mitigasi pemanasan global, IPCC melaporkan "tidak membawa kita jauh di bawah jalan ini." Untuk melakukan perbandingan ini dengan benar, manfaat mengurangi kerusakan iklim dan biaya emisi gas rumah kaca dalam berbagai skenario perlu dibandingkan. Itulah semacam estimasi Model Penilaian Terpadu seperti Hope's PAGE didirikan.

Menurut model Hope, secara ekonomi puncak optimal dari konsentrasi karbon dioksida di atmosfer adalah sekitar 500 ppm, dengan pemanasan permukaan global puncak sekitar 3 ° C di atas suhu pra-industri (sekitar 2 ° C lebih hangat daripada sekarang). Dalam bukunya,  The Climate Casino ekonom dari Yale, William Nordhaus mencatat bahwa ia telah tiba pada kesimpulan yang sama dalam penelitian modeling.

Untuk membatasi pemanasan global ke tingkat itu akan membutuhkan upaya besar untuk mengurangi emisi gas rumah kaca, tetapi sesuai laporan IPCC tentang mitigasi mencatat, yang hanya akan memperlambat laju pertumbuhan ekonomi global dari sekitar 2,3% per tahun menjadi sekitar 2,24% per tahun. Menurut model ekonomi ini, ini memperlambat laju pertumbuhan ekonomi akan lebih dari diimbangi oleh tabungan dari menghindari kerusakan iklim di atas 3°C pemanasan global.

Meskipun IPCC tidak membuat perbandingan ini, hasil pemodelan ekonomi ini konsisten dengan laporannya. Seperti ditunjukkan dalam kutipan di atas, laporan kedua hanya mampu memperkirakan biaya kerusakan iklim untuk tambahan 2 ° C pemanasan global, dan mencatat bahwa di luar titik itu, biaya mempercepat ke titik di mana mereka menjadi sangat sulit untuk memperkirakan. Nordhaus telah mencatat hal yang sama.

"Pada kenyataannya, perkiraan fungsi kerusakan yang hampir tidak ada kenaikan suhu di atas 3°C."

Perhatikan bahwa perkiraan ini juga hanya mengambil perhitungan dari faktor ekonomi, dan tidak memperhitungkan masalah sosial, budaya, atau etika lainnya seperti kepunahan spesies atau penderitaan manusia dan kematian.

Translation by herendraswari, . View original English version.



The Consensus Project Website

THE ESCALATOR

(free to republish)


© Copyright 2020 John Cook
Home | Links | Translations | About Us | Privacy | Contact Us