Climate Science Glossary

Term Lookup

Enter a term in the search box to find its definition.

Settings

Use the controls in the far right panel to increase or decrease the number of terms automatically displayed (or to completely turn that feature off).

Term Lookup

Settings


All IPCC definitions taken from Climate Change 2007: The Physical Science Basis. Working Group I Contribution to the Fourth Assessment Report of the Intergovernmental Panel on Climate Change, Annex I, Glossary, pp. 941-954. Cambridge University Press.

Home Arguments Software Resources Comments The Consensus Project Translations About Donate

Twitter Facebook YouTube Pinterest

RSS Posts RSS Comments Email Subscribe


Climate's changed before
It's the sun
It's not bad
There is no consensus
It's cooling
Models are unreliable
Temp record is unreliable
Animals and plants can adapt
It hasn't warmed since 1998
Antarctica is gaining ice
View All Arguments...



Username
Password
Keep me logged in
New? Register here
Forgot your password?

Latest Posts

Archives

Climate Hustle

Berapa Banyak Naiknya Permukaan Air Laut?

apa yang ilmu pengetahuan katakan...

Berbagai pengukuran yang berbeda menemukan  kenaikan permukaan air laut selama abad terakhir

argumen skeptis...

Kenaikan permukaan laut adalah berlebihan 

"Kami diberitahukan bahwa permukaan air laut meningkat dan akan segera menggenangi semua kota-kota kita. Semua orang tahu bahwa Pulau Tuvalu di Pasifik tenggelam. ...

Sekitar tahun 1990 menjadi jelas bahwa tide gauge (alat pengukur permukaan air laut) lokal tidak setuju - tidak ada bukti akan 'tenggelam'. Jadi para ilmuwan di Universitas Flinders, Adelaide, mengatur tide gauge baru yang modern,  di 12 pulau-pulau Pasifik.

Baru-baru ini, seluruh proyek itu ditinggalkan karena tidak ada tanda-tanda perubahan di permukaan laut di salah satu dari dari 12 pulau selama 16 tahun terakhir. "( Vincent Gray ).

Gavin Schmidt menyelidiki klaim yang menyatakan bahwa tide gauge di pulau-pulau di Samudera Pasifik menunjukkan tidak adanya kenaikan permukaan air laut dan menemukan bahwa data menunjukkan tren kenaikan permukaan laut di setiap stasiun. Tapi bagaimana permukaan air laut global yang meningkat?

Permukaan air laut naik sebagaimana es di daratan mencair dan sebagaimana air laut yang menghangat berkembang. Sebagaimana hal itu menjadi ancaman bagi habitat dan lingkungan pesisir, kenaikan permukaan air laut menguatkan bukti lain dari pemanasan global

Garis biru pada grafik di bawah ini jelas menunjukkan kenaikan permukaan laut, sedangkan kurva atas menunjukkan permukaan air laut meningkat lebih cepat seiring waktu. Kurva atas setuju dengan tren suhu global dan setuju dengan percepatan mencairnya es di Greenland dan tempat-tempat lain.

Karena perilaku permukaan laut adalah sebuah sinyal penting untuk melacak perubahan iklim, skeptis menggunakan catatan permukaan laut dalam upaya untuk meragukan bukti ini. Permukaan laut memantul naik dan turun sedikit dari tahun ke tahun sehingga memungkinkan memetik-ceri data palsu yang menunjukkan tren secara keseluruhan adalah datar, jatuh atau linier. Anda dapat mencoba ini sendiri. Dimulai dengan dua titik data yang berdekatan pada grafik di bawah ini, berbaring lurus-tepi antara mereka dan perhatikan bagaimana dalam  waktu singkat Anda dapat membuat hampir semua lereng yang Anda inginkan, hanya dengan menjadi selektif tentang  titik data apa yang Anda gunakan. Sekarang pilih titik data yang jauh terpisah. Perhatikan bahwa titik data yang dipilih mencakup lebih banyak waktu, semakin banyak mini-grafik anda mencerminkan gambaran yang besar. Pelajaran? Selalu melihat semua data, jangan tertipu oleh presentasi selektif.

 

grafik dari  Church 2008

Argumen skeptis lain adalah tentang keprihatinan validitas pengamatan permukaan air laut, yang diperoleh melalui alat ukur pasang dan pengamatan altimeter satelit.

Alat ukur pasang harus mempertimbangkan perubahan ketinggian daratan itu sendiri yang disebabkan oleh proses geologi setempat, yang merupakan gangguan favorit bagi skeptis untuk menyorot. Tidak mengherankan, para ilmuwan mengukur permukaan laut dengan alat pengukur pasang menyadari dan mengimbangi faktor-faktor tersebut. Pengaruh yang membaurkan dicatat dalam pengukuran dan meninggalkan beberapa kebisingan dalam catatan mereka yang tidak dapat dijelaskan dalam tren yang diamati.

Para skeptis memasang pengukuran altimeter satelit di berbagai teknis yang kritis. Memang, berasal akurasi milimeter tingkat dari orbit merupakan prestasi teknis yang menakjubkan sehingga tidak sulit untuk memahami mengapa beberapa orang menemukan prestasi yang sukar dipercaya. Pada kenyataannya, para peneliti menunjukkan akurasi teknik pengukuran tinggi ini berada dalam 1mm / tahun. Yang paling penting tidak ada bentuk kesalahan residu palsu yang bisa menghasilkan tren dalam pengamatan

Seperti dapat dilihat dalam inset dari grafik di atas, tide gauge dan pengukuran satelit altimeter melacak satu sama lain dengan kesamaan yang luar biasa. Kedua sistem independen saling mendukung tren permukaan laut yang sedang diamati. Jika argumen tergantung pada melewatkan pengamatan tertentu atau menekankan ketidakpastian sementara mengabaikan tren yang jelas, itu adalah petunjuk bahwa Anda sedang dikemudikan sebagai lawan informasi. Jangan menyesatkan dengan diungkapkannya sebagian bukti yang tersedia yang dipilih secara hati-hati.

Kenaikan muka air laut saat ini sejauh ini tidak berlebihan, pada kenyataaanya kasus yang berlawanan lebih masuk akal. Data pengamatan dan perubahan kondisi di tempat-tempat seperti Greenland menyarankan jika ada masalah nyata di sini itu meremehkan kenaikan permukaan laut di masa depan. Laporan sintesis IPCC menawarkan proyeksi konservatif kenaikan permukaan laut didasarkan pada asumsi tentang perilaku masa depan lapisan es dan gletser, yang mengarah ke perkiraan permukaan laut kira-kira mengikuti tiruan tren linear dari beberapa dekade terakhir. Pada kenyataannya, mengamati kenaikan muka air laut sudah di atas proyeksi IPCC dan sangat mengisyaratkan percepatan sementara pada saat yang sama muncul keseimbangan massa es benua yang dibayangkan oleh IPCC terlalu optimis ( Rahmstorf 2010 ).

Translation by herendraswari, . View original English version.



The Consensus Project Website

THE ESCALATOR

(free to republish)

Smartphone Apps

iPhone
Android
Nokia

© Copyright 2017 John Cook
Home | Links | Translations | About Us | Contact Us