Climate Science Glossary

Term Lookup

Enter a term in the search box to find its definition.

Settings

Use the controls in the far right panel to increase or decrease the number of terms automatically displayed (or to completely turn that feature off).

Term Lookup

Settings


All IPCC definitions taken from Climate Change 2007: The Physical Science Basis. Working Group I Contribution to the Fourth Assessment Report of the Intergovernmental Panel on Climate Change, Annex I, Glossary, pp. 941-954. Cambridge University Press.

Home Arguments Software Resources Comments The Consensus Project Translations About Donate

Twitter Facebook YouTube Pinterest

RSS Posts RSS Comments Email Subscribe


Climate's changed before
It's the sun
It's not bad
There is no consensus
It's cooling
Models are unreliable
Temp record is unreliable
Animals and plants can adapt
It hasn't warmed since 1998
Antarctica is gaining ice
View All Arguments...



Username
Password
Keep me logged in
New? Register here
Forgot your password?

Latest Posts

Archives

Climate Hustle

Memperkenalkan Buku Panduan Ketidakpastian

UHB-EN-Thumb

Apakah Anda pernah berjuang dengan Komunikasi Ketidakpastian Perubahan Iklim? Apakah Anda frustrasi oleh skeptis iklim yang menggunakan ketidakpastian - yang melekat dalam setiap bidang ilmu yang kompleks - sebagai pembenaran untuk menunda respon kebijakan? Kemudian 'Buku Panduan Ketidakpastian  - sebuah kolaborasi antara Universitas Bristol dan Climate Outreach (dahulu COIN)- adalah untuk Anda. Buku Panduan ini ditulis oleh Dr. Adam Corner (COIN), Profesor Stephan Lewandowsky (University of Bristol), Dr Mary Phillips (University of Bristol) dan Olga Roberts (COIN). Semua ahli di bidang mereka dan memiliki keahlian yang berkaitan dengan peran ketidakpastian dalam perubahan iklim atau bagaimana cara yang terbaik untuk berkomunikasi.

Diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia oleh Herendraswari Kusumawardani.

Buku Panduan ini menyaring temuan penelitian yang paling penting dan saran ahli dalam berkomunikasi tentang ketidakpastian ke dalam beberapa halaman praktis, mudah dalam menerapkan teknik, memberikan para ilmuwan, pembuat kebijakan dan kampanye dengan alat yang mereka butuhkan untuk berkomunikasi dengan lebih efektif di bidang perubahan iklim. Unduh laporan disini, dan lihat 12 prinsip kami agar lebih efektif dalam berkomunikasi tentang ketidakpastian pada perubahan iklim.

1. Kelola harapan pendengar Anda

Orang-orang berharap bahwa ilmu memberikan 'jawaban' yang pasti, sedangkan pada kenyataannya adalah sebuah metode untuk mengajukan pertanyaan tentang dunia. Jadi kelola harapan masyarakat, dan gunakan banyak analogi dari 'kehidupan sehari-hari' sehingga orang dapat melihat bahwa ketidakpastian ada di mana-mana - bukan hanya dalam ilmu iklim.

2. Mulailah dengan apa yang Anda ketahui, bukan apa yang Anda tidak ketahui

Terlalu sering, komunikator memberikan peringatan sebelum pesan dibawa pulang. Pada banyak pertanyaan mendasar - seperti 'apakah manusia yang menyebabkan perubahan iklim?' Dan 'akankah kita yang menyebabkan perubahan yang belum pernah terjadi sebelumnya pada iklim kita jika kita tidak mengurangi jumlah karbon yang kita bakar?' - Ilmu secara efektif diselesaikan. 

3. Jelaskan tentang konsensus ilmiah

Memiliki pesan yang jelas dan konsisten tentang konsensus ilmiah adalah penting karena mempengaruhi apakah orang melihat perubahan iklim sebagai masalah yang memerlukan respon masyarakat yang mendesak. Menggunakan grafik yang jelas seperti diagram lingkaran, menggunakan 'utusan' yang dapat dipercaya dalam berkomunikasi tentang konsensus, dan mencoba untuk menemukan persamaan antara nilai pendengar Anda dan orang-orang yang mengkomunikasikan pesan konsensus.

4. Beralihlah dari 'ketidakpastian' menjadi 'risiko'

Kebanyakan orang menggunakan kata 'risiko'. Ini adalah bahasa sektor asuransi, kesehatan dan keamanan nasional. Jadi bagi banyak khalayak - politisi, pemimpin bisnis, atau militer - berbicara tentang risiko perubahan iklim mungkin akan lebih efektif daripada berbicara tentang ketidakpastian.

5. Jelaskan tentang jenis ketidakpastian yang Anda bicarakan

Sebuah strategi umum dari para skeptis adalah sengaja merancukan dan menyamakan berbagai jenis ketidakpastian. Jadi, sangat penting untuk menjelaskan jenis ketidakpastian apa yang sedang Anda bicarakan - penyebab, dampak, kebijakan atau solusi - dan mengadopsi bahasa yang sesuai.

6. Pahami apa yang mendorong pandangan orang tentang perubahan iklim

Ketidakpastian tentang perubahan iklim lebih tinggi pada orang dengan nilai-nilai politik yang condong ke kanan. Namun, semakin banyak poin penelitian untuk cara berkomunikasi tentang perubahan iklim yang tidak mengancam sistem kepercayaan konservatif, atau menggunakan bahasa yang beresonansi baik dengan nilai-nilai dari kanan-tengah.

7. Pertanyaan yang paling penting untuk dampak iklim adalah 'ketika', bukan 'jika'

Prediksi perubahan iklim biasanya dikomunikasikan menggunakan format standar 'hasil yang tidak pasti'. Jadi pernyataan mungkin mengatakan bahwa permukaan air laut akan naik "antara 25 dan 68cm, dengan 50cm menjadi proyeksi rata-rata, pada tahun 2072". Tapi membalik pernyataan sekitar - menggunakan kerangka 'waktu yang tidak pasti' - dan tiba-tiba menjadi jelas bahwa pertanyaannya adalah kapan setidaknya jika permukaan air laut akan naik 50cm: "Permukaan laut akan naik setidaknya 50 cm, dan ini akan terjadi di beberapa waktu antara 2060 dan 2093 ".

8. Komunikasikan melalui gambar dan cerita

Kebanyakan orang memahami dunia melalui cerita dan gambar, bukan deretan angka, pernyataan probabilitas atau grafik teknis, dan menemukan cara-cara menerjemahkan dan menafsirkan bahasa teknis yang ditemukan dalam laporan ilmiah menjadi sesuatu yang lebih menarik adalah penting. Sebuah seniman visual dapat menangkap konsep permukaan laut naik lebih baik dari grafik apapun, dan secara faktual masih akurat jika mereka menggunakan proyeksi ilmiah untuk menginformasikan pekerjaan mereka.

9. Garis bawahi 'positif' dari ketidakpastian

Penelitian telah menemukan bahwa ketidakpastian bukanlah penghalang tak terelakkan untuk bertindak, namun tersedia kerangka pesan komunikator perubahan iklim dengan cara yang memicu perhatian dalam menghadapi ketidakpastian. Sebuah kerangka 'positif' dari informasi yang tidak pasti akan menunjukkan bahwa kehilangan mungkin tidak terjadi jika tindakan pencegahan diambil.

10. Komunikasikan secara efektif tentang dampak iklim

Pertanyaan 'apakah peristiwa cuaca ini disebabkan oleh perubahan iklim?' Adalah salah. Ketika seseorang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, mereka lebih rentan terhadap berbagai penyakit, dan tidak ada yang menanyakan apakah setiap penyakit itu 'disebabkan' oleh sistem kekebalan tubuh yang lemah. Logika yang sama berlaku untuk perubahan iklim dan beberapa peristiwa cuaca ekstrim: mereka dibuat lebih sering, dan lebih parah, oleh perubahan iklim.

11. Buatlah percakapan, bukan argumen

Meskipun perhatian media yang tidak proporsional diberikan kepada para 'skeptis', kebanyakan orang tidak membicarakan atau berpikir tentang perubahan iklim. Ini berarti bahwa tindakan membuat percakapan tentang perubahan iklim - bukan argumen atau mengulangi 'satu-shot' slogan - dapat menjadi metode yang kuat atas keterlibatan publik.

12. Ceritakan tentang kisah manusia bukan hal ilmiah

Jumlah karbon dioksida yang dipancarkan selama 50 tahun ke depan akan menentukan sejauh mana perubahan iklim kita. Jadi apa yang kita pilih untuk melakukan - dan seberapa cepat kita bisa mengumpulkan kemauan kolektif untuk melakukannya - adalah ketidakpastian yang mengerdilkan semua orang.

Terjemahan dilakukan oleh tim penerjemah sukarelawan Skeptical Science, yang tinggal di Jerman, Swiss, Brazil dan Indonesia.

 

 

 

 

 

Translation by herendraswari. View original English version.



Get It Here or via iBooks.


The Consensus Project Website

TEXTBOOK

THE ESCALATOR

(free to republish)

THE DEBUNKING HANDBOOK

BOOK NOW AVAILABLE

The Scientific Guide to
Global Warming Skepticism

Smartphone Apps

iPhone
Android
Nokia

© Copyright 2017 John Cook
Home | Links | Translations | About Us | Contact Us