Climate Science Glossary

Term Lookup

Enter a term in the search box to find its definition.

Settings

Use the controls in the far right panel to increase or decrease the number of terms automatically displayed (or to completely turn that feature off).

Term Lookup

Settings


All IPCC definitions taken from Climate Change 2007: The Physical Science Basis. Working Group I Contribution to the Fourth Assessment Report of the Intergovernmental Panel on Climate Change, Annex I, Glossary, pp. 941-954. Cambridge University Press.

Home Arguments Software Resources Comments The Consensus Project Translations About Donate

Twitter Facebook YouTube Pinterest

RSS Posts RSS Comments Email Subscribe


Climate's changed before
It's the sun
It's not bad
There is no consensus
It's cooling
Models are unreliable
Temp record is unreliable
Animals and plants can adapt
It hasn't warmed since 1998
Antarctica is gaining ice
View All Arguments...



Username
Password
Keep me logged in
New? Register here
Forgot your password?

Latest Posts

Archives

Climate Hustle

Hilangnya es di Gunung Kilimanjaro adalah karena penggunaan lahan

apa yang ilmu pengetahuan katakan...

Gletser Gunung Kilimanjaro yang menyusut, sangatlah rumit dan ini bukan hanya karena pemanasan global saja. Namun, ini tidak berarti bumi tidak mengalami pemanasan. Ada banyak bukti bahwa suhu rata-rata bumi telah meningkat dalam 100 tahun terakhir dan terjadinya penurunan gletser di pertengahan dan lintang yang tinggi adalah bagian utama dari bukti.

argumen skeptis...

Hilangnya es di Gunung Kilimanjaro adalah karena penggunaan lahan. 'Gore mengklaim tudung salju puncak Gunung Kilimanjaro di Afrika menyusut dan pemanasan global harus disalahkan. Namun menurut majalah Nature November 2003, "Meskipun tergoda untuk menyalahkan hilangnya es adalah karena pemanasan global, peneliti berpikir bahwa deforestasi dari kaki gunung adalah pelaku yang lebih mungkin. Tanpa kelembaban hutan dimana angin telah meniup kering sarat kelembaban yang sebelumnya. Tidak lagi diisi ulang dengan air, namun es menguap karena berada di bawah sinar matahari khatulistiwa yang kuat. "( James Taylor )

Memang deforestasi tampaknya menyebabkan gletser Gunung Kilimanjaro menyusut, sehingga Gore dalam hal ini adalah salah. Tapi Philip Mote, penulis studi di Nature , menempatkannya dalam perspektif: "Fakta bahwa hilangnya es di Gunung Kilimanjaro tidak dapat dijadikan sebagai bukti pemanasan global, namun tidak berarti bahwa bumi tidak mengalami pemanasan. Ada cukup banyak bukti yang tidak dapat diragukan lagi, bahwa suhu rata-rata bumi telah meningkat dalam 100 tahun terakhir, dan penurunan gletser di pertengahan dan lintang yang tinggi adalah bagian utama dari bukti. "

Terakhir diperbarui pada tanggal 26 Juni 2010 oleh John Cook.

Translation by herendraswari, . View original English version.



Get It Here or via iBooks.


The Consensus Project Website

TEXTBOOK

THE ESCALATOR

(free to republish)

THE DEBUNKING HANDBOOK

BOOK NOW AVAILABLE

The Scientific Guide to
Global Warming Skepticism

Smartphone Apps

iPhone
Android
Nokia

© Copyright 2017 John Cook
Home | Links | Translations | About Us | Contact Us