Climate Science Glossary

Term Lookup

Enter a term in the search box to find its definition.

Settings

Use the controls in the far right panel to increase or decrease the number of terms automatically displayed (or to completely turn that feature off).

Term Lookup

Settings


All IPCC definitions taken from Climate Change 2007: The Physical Science Basis. Working Group I Contribution to the Fourth Assessment Report of the Intergovernmental Panel on Climate Change, Annex I, Glossary, pp. 941-954. Cambridge University Press.

Home Arguments Software Resources Comments The Consensus Project Translations About Donate

Twitter Facebook YouTube Pinterest

RSS Posts RSS Comments Email Subscribe


Climate's changed before
It's the sun
It's not bad
There is no consensus
It's cooling
Models are unreliable
Temp record is unreliable
Animals and plants can adapt
It hasn't warmed since 1998
Antarctica is gaining ice
View All Arguments...



Username
Password
Keep me logged in
New? Register here
Forgot your password?

Latest Posts

Archives

Climate Hustle

Apakah Gletser Bertambah, Atau Berkurang?

apa yang ilmu pengetahuan katakan...

Kebanyakan gletser mengalami pengurangan, menjadikan masalah serius bagi jutaan orang yang bergantung pada gletser untuk air.

argumen skeptis...

Gletser bertambah 
"Laporan yang datang dari seluruh dunia. Untuk pertama kalinya dalam lebih dari 250 tahun, gletser di Alaska, Kanada, Selandia Baru, Greenland, dan sekarang Norwegia berrtambah" ( JamulBlog )

Meskipun glaciologists mengukur  perubahan aktivitas gletser dari tahun ke tahun, itu adalah perubahan jangka panjang yang memberikan dasar bagi pernyataan seperti "Resesi Global Glacier  Berlanjut". Beberapa Skeptis bingung atas masalah ini dengan cherry memilih gletser individu atau dengan mengabaikan tren jangka panjang . Pengalihan seperti ini tidak menjawab pertanyaan yang paling penting dari pernyataan yang benar apakah tentang gletser global? 

Jawabannya adalah tidak hanya jelas tetapi definitif dan berdasarkan literatur ilmiah. Secara global gletser kehilangan es pada tingkat yang luas (Gambar 1). Masih ada situasi di mana gletser bertambah atau kehilangan es lebih dari tipikal untuk satu wilayah atau lainnya tetapi untuk tren jangka panjang eemuanya adalah sama, dan sekitar 90% dari gletser menyusut di seluruh dunia (Gambar 2).


Gambar 1: perubahan jangka panjang dalam volume gletser diadaptasi dari Cogley 2009 .

 

 

Gambar 2: Persentase penyusutan dan bertambahnya gletser pada tahun 2008-2009, dari laporan 2011 WGMS

Hal ini juga sangat penting untuk memahami bahwa perubahan gletser tidak hanya ditentukan oleh perubahan suhu udara tetapi juga oleh curah hujan. Oleh karena itu, ada skenario di mana pemanasan dapat menyebabkan peningkatan curah hujan (dan dengan demikian gletser akumulasi es) seperti ditampilkan dalam bagian barat daya Norwegia selama tahun 1990-an ( Nesje et al 2008 ). 

Intinya adalah bahwa variasi gletser dapat tergantung pada kondisi lokal tetapi variasi ini ditumpangkan pada pengurangan global jangka panjang yang jelas dan nyata dalam volume gletser yang telah dipercepat pesat sejak tahun 1970-an.

 

 

 

Translation by herendraswari, . View original English version.



The Consensus Project Website

THE ESCALATOR

(free to republish)

Smartphone Apps

iPhone
Android
Nokia

© Copyright 2017 John Cook
Home | Links | Translations | About Us | Contact Us