Climate Science Glossary

Term Lookup

Enter a term in the search box to find its definition.

Settings

Use the controls in the far right panel to increase or decrease the number of terms automatically displayed (or to completely turn that feature off).

Term Lookup

Settings


All IPCC definitions taken from Climate Change 2007: The Physical Science Basis. Working Group I Contribution to the Fourth Assessment Report of the Intergovernmental Panel on Climate Change, Annex I, Glossary, pp. 941-954. Cambridge University Press.

Home Arguments Software Resources Comments The Consensus Project Translations About Donate

Twitter Facebook YouTube Pinterest

RSS Posts RSS Comments Email Subscribe


Climate's changed before
It's the sun
It's not bad
There is no consensus
It's cooling
Models are unreliable
Temp record is unreliable
Animals and plants can adapt
It hasn't warmed since 1998
Antarctica is gaining ice
View All Arguments...



Username
Password
Keep me logged in
New? Register here
Forgot your password?

Latest Posts

Archives

Climate Hustle

Bukti pemanasan global

apa yang ilmu pengetahuan katakan...

Ada banyak baris bukti yang menunjukkan pemanasan global adalah nyata.

argumen skeptis...

Ini tidak terjadi 
"... studi pemanasan global yang kita lihat saat ini adalah bagaikan berkas buruk dari ilmu pengetahuan" Sarah Palin )

Laporan iklim dari tahun 2009 dari US National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA ), yang dirilis pada pertengahan 2010, menyatukan banyak seri data yang berbeda "dari bagian atas atmosfer sampai ke laut dalam". Kesimpulan? Semua garis-garis bukti independen memberitahu kami secara tegas bahwa Bumi mengalami pemanasan.

Ringkasan 10 halaman yang mudah didapat, memeriksa tren dari 10 kunci indikator iklim yang menggunakan secara total dari 47 set data yang berbeda. Semua indikator diperkirakan akan meningkat dalam dunia yang mengalami pemanasan, dan pada kenyataannya adalah meningkat, dan semua yang diperkirakan akan menurun, pasti menurun:

Indikator pemanasan

10 indikator tersebut adalah:

  1. Suhu udara permukaan tanah yang diukur oleh stasiun cuaca. Apakah anda tahu semua argumen skeptis tentang bagaimana catatan suhu yang menyalahkan efek pulau panas perkotaan, stasiun cuaca dengan lokasi yang buruk, stasiun yang bermasalah, dan sebagainya? Ini adalah satu-satunya indikator yang menderita dari semua masalah tersebut. Jadi jika Anda berdebat dengan seseorang yang mencoba untuk menyusun diskusi tentang suhu udara permukaan tanah, maka ingatkanlah mereka tentang sembilan indikator lainnya.
  2. Suhu permukaan laut. Seperti dengan suhu tanah, rekor terpanjang kembali ke tahun 1850 dan dekade terakhir, adalah yang terpanas.
  3. Suhu udara di atas lautan.
  4. Suhu troposfer yang lebih rendah, yang diukur oleh satelit untuk sekitar 50 tahun. Dengan adanya berbagai pengukuran ini, tahun 2000-an adalah dekade terpanas dan masing-masing dari tiga dekade terakhir telah jauh lebih hangat daripada sebelumnya.
  5. Kadar panas lautan, yang mencatat kembali lebih dari setengah abad. Lebih dari 90% dari ekstra panas dari pemanasan global akan menjadi lautan - yang memiliki kontribusi terhadap kenaikan ...
  6. Permukaan laut. Catatan pengukuran pasang surut kembali ke tahun 1870, dan permukaan laut pada tingkat percepatan telah meningkat.
  7. Kelembaban tertentu, yang telah meningkat seiring dengan suhu.
  8. Gletser. 2009 adalah tahun berturut-turut ke-19 di mana ada kerugian bersih dari es dari gletser di seluruh dunia.
  9. Tutupan salju belahan bumi utara, yang juga mengalami penurunan dalam beberapa dekade terakhir.
  10. Kemungkinan perubahanan yang paling dramatis dari keseluruhan telah terjadi di lautan es ArktikPengukuran satelit dapat kembali ke tahun 1979 dan catatan yang dapat diandalkan mengirim kembali ke September 1953. Es laut sejauh ini telah menyusut sebanyak 35% sejak tahun 1979.

Sains tidak seperti kandang catatan, dalam menghapus satu baris bukti (misalnya. suhu udara permukaan tanah), tidak akan menyebabkan seluruh bangunan dari pemanasan global antropogenik runtuh. Sebaliknya, "pemanasan permukaan tanah" adalah salah satu dari lebih dari sepuluh batu bata yang mendukung "pemanasan global"; dan dengan pemanasan global yang didirikan, ada seluruh set lain batu bata yang mendukung "pemanasan global antropogenik". Untuk melemahkan kesimpulan ini, Anda perlu menghapus sebagian atau seluruh batu bata yang mendukung mereka - tetapi sebagaimana bukti terus menumpuk, maka hal tersebut akan menjadi berkurang dan semakin berkurang lagi.

 

Terakhir diperbarui pada tanggal 6 September 2010 oleh James Wight.

Translation by herendraswari, . View original English version.



Get It Here or via iBooks.


The Consensus Project Website

TEXTBOOK

THE ESCALATOR

(free to republish)

THE DEBUNKING HANDBOOK

BOOK NOW AVAILABLE

The Scientific Guide to
Global Warming Skepticism

Smartphone Apps

iPhone
Android
Nokia

© Copyright 2017 John Cook
Home | Links | Translations | About Us | Contact Us